Apa Perbedaan Sekolah SMA Dan SMK?

majalah sunday

next-level-study.com – halo sahabat NLS. Siapa nih yang masih bingung melanjutkan kemana SMA atau SMK?

Setelah menyelesaikan  jenjang SMP atau MTS biasanya kalian akan mulai mencari –cari info mengenai SMA atau SMK. Karena mungkin kalian masih bingung akan melanjutkan kemana. Mari kita bahas tentang perbedaannya.

Sekolah tingkat SMA dan SMK memiliki perbedaan yang sangat jelas dan signifikan. Namun, beberapa orang masih bingung apa yang membedakannya.

Sekolah tingkat SMA adalah sekolah yang mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan ke bangku perguruan tinggi. Sehingga apa yang dipelajari sangat mengarah pada teori bukan praktek lapangan.

Sedangkan tingkat SMK adalah pendidikan formal yang mengarah pada praktek lapangan daripada teori.karena, untuk menunjang agar lulusan nya lebih mandiri dan siap terjun ke dunia kerja.

Berikut adalah Perbedaan SMA dan SMK

  • Biaya pendidikan

Besar biaya pendidikan terbilang sama saja namun banyak factor yang membedakan biaya pendidikannya. Seperti sekolah favorit biasanya mereka akan lebih banyak mengeluarkan biaya karena mereka termasuk sekolah unggulan dan banyak diminati siswa .

Selain itu praktek lapangan hanya ada di SMK, pada umum nya praktek lapangan akan mengeluarkan biaya sesuai dengan jurusan yang mereka ambil.

Biaya selebihnya sesuai dengan peraturan sekolah karena setiap sekolah akan memakan biaya yang berbeda dan setiap jurusan juga memiliki biaya yang berbeda.

  • Tujuan pendidikan

Perbedaan tujuan nya sangat jelas karena dalam tingkat SMA focus belajar siswa di tunjukkan untuk mereka yang akan melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi dan yang mereka pelajari lebih fokus pada teori bukan praktek.

Sedangkan pada tingkat SMK focus belajar siswa lebih ke praktek lapangan atau mereka di latih agar siap terjun langsung ke dunia kerja dan yang mereka pelajari lebih banyak praktek lapangan dari pada teori.

  • Waktu pendidikan

Waktu yang di tempuh pada tingkat SMA atau SMK pada umumnya sama saja yaitu 3 tahun. Namun, dalam 3 tahun pendidikan  sekolah SMA  akan lebih banyak memakan waktu untuk belajar di dalam kelas memperdalam materi sesuai jurusan nya dan praktek hanya di lakukan sesekali pada mata pelajaran tertentu.

Sedangkan waktu yang di tempuh 3 tahun pada sekolah  SMK akan terbagi 2. Pada tahun pertama dan kedua semester awal mereka akan mempelajari materi sesuai jurusan yang mereka ambil sedangkan tahun ke 2 semester 2 dan tahun ke 3 biasanya akan di gunakan untuk mengikuti praktek lapangan atau terjun langsung ke dunia kerja.

  • Praktek lapangan

Praktek lapangan (PKL)  hanya ada di sekolah SMK  karena dari tujuan belajar mereka sudah pasti mereka lebih focus pada peningkatan skill siswa untuk terjun langsung ke dunia kerja dan untuk penilaian  kelulusan mereka.

Namun, di sekolah SMA juga ada praktek hanya saja praktek di lakukan saat jam pelajaran dan hanya pelajaran tertentu  juga  tidak di lakukan terus menerus. Sedangkan untuk penilaian akhir biasanya di lakukan dengan ujian.

  • Jurusan

Jurusan yang ada di SMA lebih sedikit pilihannya dari pada yang ada di SMK . selain itu pelajaran yang akan di pelajari di SMA akan lebih banyak sesuai kebijakan pemerintah dan jurusan yang ada di SMA hanya ada IPA , IPS dan bahasa.

Sedangkan jurusan yang ada di SMK terbilang sangat banyak contohnya, akuntansi,perawat, dan lainnya. Pelajaran yang di pelajari juga lebih berfokus sesuai jurusan yang mereka ambil, namun ada beberapa mata pelajaran exsak yang mereka pelajari seperti MTK dan lainnya.

Bagaimana sahabat? Kalian lebih tertarik melanjutkan ke tingkat SMA atau SMK jangan sampai menyesal jadi mulailah dari sekarang menentukan akan kemana kalian melanjutkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa semangat dalam melakukan hal apapun. Lakukanlah sesuai yang kalian sukai.

119 komentar untuk “Apa Perbedaan Sekolah SMA Dan SMK?”

  1. Second mortgages normally have shorter amortization periods of 10
    or 15 years when compared how much mortgage can i get with $70000 salary canada first
    mortgages. The interest on variable and hybrid mortgages is tax deductible while fixed
    rates over five years have limited deductibility. Stated
    Income Mortgages were popular prior to housing crash but have mostly
    disappeared over concerns about income verification.

  2. It’s perfect time to make some plans for the longer
    term and it is time to be happy. I have read this publish and if I may I desire to recommend you few fascinating issues or tips.
    Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I want to read more issues approximately it!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top