Pentingnya Belajar Matematika

gambar oleh : edukasi kompas

next-level-study.com – Hallo sahabat NLS . Bagaimana kabar kalian? wah sepertinya ada yang sedang mencari tahu tentang matematika ? mengapa ? apa kamu masih bingung kenapa matematika selalu ada disetiap jenjang pendidikan? karena begitu pentingnya belajar matematika.

Tenang saja kami akan menjawab semua pertanyaan kamu, disini kamu akan mendapat semua jawaban mengenai pertanyaan kamu dan kamu akan paham kenapa sangat penting belajar matematika bahkan saat usia dini.

Yuk kita simak pembahasan nya.

Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka dan bagaimana memanipusinya , ilmu matematika mencakup topik -topik seperti rumus , struktur ,konsep,bangun ruang dan lainnya.

Umumnya pelajaran matematika memang terbilang sangat sulit bagi sebagian orang. Namun, nyatanya pelajaran matematika begitu penting sehingga sudah dikenal kan pada anak anak dari mulai kelas Playgroun. Awalnya, anak-anak akan menghafal apa yang mereka lihat dan dengar lalu orang tua akan mengajari mereka berhitung hitungan dasar seperti angka 1 sampai 10. Kemudian mereka akan mulai mengerti bentuk angka dan penulisannya, lalu akan mulai menulis angka dengan hanya melihat gambar.

Tingkat pembelajaran matematika akan terus bertambah sesuai dengan tingkat sekolah nya , seperti anak SD mereka akan mempelajari tentang penjumlahan dan pengurangan. Semakin mereka naik tingkatan semakin luas pula pembelajaran matematika yang akan mereka dapatkan.

4 ALASAN PENTINGNYA BELAJAR MATEMATIKA

matematika adalah ilmu dasar yang sangat penting di dunia pendidikan. Itu mengapa matematika selalu ada di semua tingkatan pendidikan , berikut alasan-alasan pentingnya belajar matematika.

1, Dasar pengetahuan

gambar oleh : silabus.web.id

matematika merupakan dasar pengetahuan dari semua ilmu dimana dapat kita lihat bahwa kita membutuhkan matematika untuk belajar rumus fisika mengerjakan soal fisika untuk menghitung kecepatan ,volume dan lainnya , ekonomi untuk menghitung dana masuk,laba dan rugi , kimia dan bahkan dalam pembuatan makanan pun mereka membutuhkan matematika untuk takaran bahan makanan.

Dalam kehidupan sehari hari matematika sangat berperan aktif membantu kelangsungan hidup manusia dimana manusia membutuhkan matematika untuk menghitung modal , harga jual bahkan laba dari hasil penjualannya, takaran resep obat, takaran penyimpan barang di rumah, membuat rumah dan masih banyak lagi. Hanya saja kita tidak menyadari bahwa kita begitu membutuhkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

2, Melatih Kecermatan Dan Ketelitian Anak

gambar oleh: tedieka

Mungkin tidak semua orang memiliki sifat cermat dan teliti dalam menyelesaikan soal atau suatu permasalahan. Namun, sebenarnya sifat cermat dan teliti bisa ditumbuhkan dalam diri seseorang dan akan lebih baik menanamkan disaat usianya masih dini. Karena anak usia dini sangat cepat belajar dan lebih cepat tangkap.

Salah satu caranya adalah mengajarkan matematika, belajar matematika membuat anak menjadi lebih cermat dan teliti saat mengerjakan soal dan menyelesaikan masalah.

3, Mengembangkan Kreativitas Anak

gambar oleh : rumah inspirasi

Mempelajari matematika mampu membuat anak melatih otak kanannya sehingga menjadi lebih aktif. Itu karena, saat anak belajar matematika mereka menjadi lebih kreatif dan mampu memecahkan masalah dengan baik dan tidak cepat menyerah.

4, Melatih Anak Berfikir Sistematis

gambar oleh: aliExpres

Memberikan soal matematika kepada anak akan membuat anak berfikir sistematis karena saat mengerjakan soal. Anak-anak harus lebih teliti, cermat dan memahami soal.

Karena itu matematika mampu melatih anak berfikir sistematis bukan hanya saat mengerjakan soal namun juga dalam kehidupan sehari hari.

Nah bagaimana sobat NLS. apakah semua pertanyaan kamu terjawab?

Sebenarnya banyak cara untuk membantu anak menyukai dan mengerti pentingnya pelajaran matematika yang sering mereka anggap sulit. kamu bisa membuat game dengan tema matematika untuk membuat anak lebih rileks saat mempelajari matematika, dengan begitu mereka akan sangat gembira saat belajar dan tidak akan membuat mereka suntuk saat mempelajari nya dan cobalah memberikan durasi belajar yang tidak terlalu lama karena dengan begitu mereka tidak akan cepat bosan.

Tetap semangat

2 komentar untuk “Pentingnya Belajar Matematika”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top