Jurusan IPA Dengan Prospek Kerja Yang Besar

gambar oleh : sman3bondong

next-level-study.com – Hallo sahabat NLS, bagaimana kabar kalian hari ini? ada kabar baik nih untuk kalian anak IPA. Jangan khawatir dengan jurusan yang kalian ambil saat ini, banyak loh jurusan jurusan kuliah untuk anak IPA dengan prospek kerja yang besar.

Nah, untuk kalian tenang saja disini kita akan bahas lulusan IPA dengan prospek kerja yang besar. Wah sahabat NLS pasti sudah tidak sabar dengan kabar baik ini , baiklah disini kita akan bahas tuntas mengenai jurusan IPA apa saja dengan prospek kerja yang besar.

6 PROSPEK KERJA YANG BESAR UNTUK ANAK IPA

Sebetulnya jurusan IPA dengan prospek kerja yang besar itu sangat banyak namun memang tidak begitu populer. Selain itu peminatnya sangat minim dan kompetensi masuk jurusan pun tidak akan terlalu ketat.

Berikut beberapa lulusan IPA dengan prospek kerja yang besar, yang mungkin akan memberi inspirasi untuk kamu saat akan memilih jurusan di perguruan tinggi.

1. Jurusan Fisika

gambar oleh: gramedia

Jurusan fisika murni sangat berbeda dengan jurusan pendidikan fisika. karena jurusan fisika murni memang tidak terlalu populer . Dalam jurusan fisika murni kamu akan belajar lebih spesifik dan sangat detail, beberapa parodi atau peminat yang di tawaran di jurusan ini antara lain fisika nuklir, partikel, fisika material.

Untuk kamu yang senang dengan jurusan ini jangan khawatir karena prospek kerjanya begitu besar dan luas. Peluang kerja jurusan satu ini ada di bidang migas dan telekomunikasi, LIPI, atau BMKG.

2. jurusan oseanografi

gambar oleh: pejoang

Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia adalah negara kepulauan. Untuk kamu yang sangat senang dengan laut boleh nih masuk jurusan yang satu ini karena dalam bidan studi ini kamu akan banyak mempelajari tentang laut dan semua yang ada di dalamnya.

Oseanografi adalah bidang studi yang mempelajari aspek yang berhubungan dengan laut, seperti geologi dasar laut,gelombang ,ekosistem laut, organisme laut dan arus samudra . Pada umumnya lulusan oseanografi biasanya akan terjun dalam bidang atmosfer, pengajar, profesi ruang angkasa dan lainnya.

3. jurusan ilmu kehutanan

gambar oleh: gramedia

Jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang hobby bertualang di alam, sudah sangat jelas bahwa jurusan kehutanan akan membahas tentang alam.

Lulusan studi ini dapat berkecimpung di profesi yang berkaitan dengan industri pemetaan hutan ,badan pelestarian, konservasi alam dan industri perkayuan. Nah satu lagi studi satu ini bisa loh bekerja menjadi pegawai negeri sipil ,seperti kementrian pertanian ,pendidikan dan lainnya.

4. jurusan biokimia

gambar oleh : gramedia

Biokimia adalah studi yang mempelajari tentang molekul kimia dan proses dalam mahluk hidup.

Studi biokimia adalah salah satu studi campuran antara biologi dan kimia, studi biokimia juga memiliki prospek kerja yang besar .

Jurusan satu ini memiliki prospek kerja sebagai ahli biokimia dan fisika , tenaga riset bioinformatika dan ahli biologi molekul dan sel.

5. jurusan nuklir

gambar ole : akupintar

Jurusan satu ini memang sangat tidak populer bahkan mungkin sedikit siswa yang mengetahui nya hingga membuatnya minim peminat, jurusan nuklir ini mempelajari tentang fisika sama hal nya dengan jurusan astronomi.

Wajar jurusan ini sepi peminat karena dalam bidang kerjanya yang berbahaya karena sering terpapar radiasi dan itu akan menimbulkan efek dari paparan radiasi tersebut.

6. jurusan astronomi

gambar oleh : gramedia

Astronomi merupakan ilmu eksakta tertua yang fokus dalam mempelajari alam semesta dan benda-benda langit, minat dan kemampuan yang kuat dalam fisika dan matematika sangat dibutuhkan dalam jurusan Astronomi.

Banyak profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan astronomi yakni menjadi peneliti di berbagai lembaga, seperti BMKG, Meteorologi,Observatorium bosscha , LAPAN atau Antartika nasional.

Itulah keenam jurusan IPA dengan prospek yang besar, selain memiliki prospek kerja yang besar namun peminatnya juga sangat minim. Semoga artikel ini membatu dan memberikan inspirasi untuk kamu calon mahasiswa yang masih kebingungan memilih jurusan.

3 komentar untuk “Jurusan IPA Dengan Prospek Kerja Yang Besar”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top