Mari Mengenal Pendidikan Nonformal untuk Membuka Peluang Belajar di Luar Sekolah

sumber gambar: https://ourfutureagenda.org/2023/04/how-non-formal-education-is-changing-the-world/

NEXT-LEVEL-STUDY.COM-Pendidikan merupakan salah satu titik pendukung penting dalam perubahan keadaan suatu negara. Untuk waktu yang lama, pelatihan formal dipandang sebagai jenis pengajaran utama yang dirasakan dan dikelola oleh kerangka formal seperti sekolah dan universitas. Namun seiring dengan berkembangnya budaya masa kini, pendidikan non-formal semakin mendapat pengakuan dan perhatian.

Pelatihan non-formal memberikan kesempatan belajar kepada orang-orang di luar iklim sekolah yang memungkinkan mereka untuk terus memperoleh dan menciptakan kemampuan sepanjang hidup. Artikel ini akan memahami apa itu pelatihan non-formal dan signifikansinya dalam memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat.

Instruksi non-formal

Pengajaran nonformal mengacu pada pengalaman yang berkembang yang terjadi di luar iklim yang sesuai, misalnya sekolah atau sekolah sehingga pelatihan ini dapat disesuaikan dan tidak dibatasi oleh program pendidikan konvensional yang ditetapkan oleh spesialis instruktif. Pendidikan non-formal mencakup berbagai proyek dan latihan yang dimaksudkan untuk memberikan akses belajar kepada orang-orang dari kelompok usia, yayasan, dan minat yang berbeda. Program sekolah non-formal dalam banyak kasus dikoordinasikan oleh asosiasi atau yayasan non-legislatif, jaringan, asosiasi non-administratif, atau bidang rahasia. Bisa mencakup bidang-bidang seperti latihan kemampuan, pelatihan kerja, program pendidikan, pelatihan khusus, kursus bahasa, dan itu hanyalah puncak gunung es. Poin mendasar dari pengajaran non-formal adalah untuk melibatkan orang-orang dengan kemampuan dan informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan kepuasan pribadi mereka. Pentingnya Pelatihan Nonformal

Pelatihan non-formal memainkan peran penting dalam mengumpulkan kebutuhan pendidikan masyarakat yang tidak dapat dipenuhi melalui sistem sekolah yang tepat. Berikut adalah beberapa motivasi di balik mengapa pengajaran non-formal itu penting:

  1. Akses untuk Semua

Pendidikan nonformal memberikan kesempatan untuk belajar kepada orang-orang yang tidak dapat mengikuti pendidikan formal, misalnya mereka yang sudah melewati usia muda, orang dewasa yang perlu mengasah kemampuannya, atau mereka yang tinggal di daerah terpencil. wilayah. Hal ini menjamin bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan mengembangkan diri.

  1. Signifikansi terhadap kenyataan saat ini

Program pelatihan nonformal seringkali dimaksudkan untuk memberikan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau kehidupan sehari-hari. Mereka berpusat pada penciptaan kemampuan pragmatis yang dapat diterapkan secara langsung, dalam kenyataan, seperti kemampuan khusus, kemampuan perintis, atau kemampuan interaktif.

  1. Menaklukkan Lubang Latihan

Sekolah non-formal dapat membantu mengurangi kesenjangan pendidikan yang ada di ranah publik. Dengan memberikan izin untuk mencari cara untuk meminimalkan atau menghambat masyarakat, sekolah non-formal membuat pintu terbuka lebih menarik dan lebih adil dalam hal pendidikan.

  1. Pembelajaran yang mengakar

Pelatihan non-formal mendukung gagasan pembelajaran yang mengakar, di sini setiap individu dapat terus belajar dan membina dirinya sepanjang hidupnya. Hal ini penting dalam menghadapi perubahan cepat dalam dunia kerja dan mengembangkan kebutuhan pendidikan.

  1. Bekerja pada kepuasan pribadi

Melalui pelatihan non-formal, masyarakat dapat memperoleh kemampuan baru, informasi yang lebih luas, dan peluang untuk mengembangkan kapasitas dirinya yang sebenarnya. Hal ini dapat menambah kepuasan pribadi dalam bekerja secara umum. Dengan memiliki kemampuan yang relevan, orang dapat meningkatkan posisi terbuka, mendapatkan gaji yang lebih baik, dan menjadi lebih mandiri secara finansial. Terlebih lagi, sekolah non-formal juga dapat meningkatkan kewaspadaan, kesejahteraan, dan keterampilan hidup sehari-hari, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan kepuasan pribadi secara umum.

  1. Berikan pilihan lain yang instruktif dan mudah disesuaikan

Sekolah non-formal menawarkan pilihan yang dapat disesuaikan bagi masyarakat yang memiliki hambatan dalam mengikuti pelatihan konvensional. Misalnya, bagi mereka yang bekerja sepanjang hari, mempunyai kewajiban keluarga, atau mempunyai keterbatasan fisik atau kesehatan, pelatihan non-formal memberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan jadwal dan kebutuhan mereka. Hal ini memungkinkan orang untuk melanjutkan pendidikan dan pengembangan diri mereka tanpa melepaskan berbagai kewajiban yang mereka miliki.

Demikianlah penjelasan mengenai pelatihan non formal yang patut anda ketahui. Dengan membekali masyarakat dengan pintu terbuka pembelajaran yang berharga di luar iklim yang sesuai, pelatihan non-formal mengatasi lubang-lubang instruktif dan meningkatkan kepuasan pribadi individu. Dengan cara ini, negara, asosiasi non-legislatif dan masyarakat secara keseluruhan harus terus membantu dan mendorong pelatihan non-formal untuk menjadikan masyarakat lebih terdidik dan kejam.

 

Sumber berita : https://buku.kompas.com/read/4813/mengenal-pendidikan-nonformal-untuk-membuka-peluang-belajar-di-luar-sekolah

3 komentar untuk “Mari Mengenal Pendidikan Nonformal untuk Membuka Peluang Belajar di Luar Sekolah”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top