Lulusan Ilmu Perpustakaan Cocok Kerja Apa Yak?

IDN timea

next-level-study.com– halo sahabat! tahukah kamu ternyata lulusan ilmu perpustakaan bukan hanya cocok bekerja di perpustakaan saja loh. Wah masa sih? nah berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa di lakukan lulusan ilmu perpustakaan yuk simak.

Lulusan perpustakaan atau informasi dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan atau organisasi yang membutuhkan keahlian dalam mengelola, mengakses, dan menyebarkan informasi. Berikut beberapa contoh pekerjaan yang mungkin cocok untuk lulusan perpustakaan:

Perpustakaan:

IDN times

Lulusan perpustakaan bisa bekerja di perpustakaan sekolah, universitas, atau publik sebagai pustakawan atau asisten perpustakaan. Tugasnya antara lain mengelola koleksi buku, mengatur sistem penyimpanan dan peminjaman buku, serta memberikan bantuan kepada pengunjung perpustakaan.

Arkivaris:

Arkivaris bertanggung jawab atas mengelola, mengakses, dan memelihara arsip dan dokumen penting suatu organisasi. Tugasnya termasuk mengklasifikasikan dokumen, mengelola sistem penyimpanan arsip, dan menyediakan informasi arsip kepada pihak yang membutuhkannya.

Informasi konsultasi:

Informasi konsultasi membantu organisasi atau individu menemukan dan mengelola informasi yang dibutuhkan. Mereka bisa bekerja di perusahaan konsultasi, perusahaan teknologi informasi, atau di rumah di organisasi lain.

Peneliti :

gramedia.com

Peneliti bertanggung jawab atas mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk membantu organisasi atau individu mengambil keputusan yang tepat. Mereka bisa bekerja di berbagai bidang, seperti penelitian pasar, penelitian produk, atau penelitian sosial.

Pustakawan:

tirto.ID

Pustakawan bekerja di perpustakaan atau organisasi yang mengelola koleksi buku atau dokumen lainnya. Mereka bertanggung jawab atas pengelolaan koleksi, menyediakan bantuan kepada pengunjung, dan mengatur sistem peminjaman buku.

Pemasaran:

cpscoft

Lulusan perpustakaan juga bisa bekerja di bidang pemasaran, terutama jika mereka memiliki keahlian dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Mereka bisa bekerja sebagai analis data atau pemasaran digital, atau di bidang pemasaran lainnya.

Pendidikan:

silabus.web.id

Lulusan perpustakaan juga bisa menjadi guru atau pengajar di sekolah atau universitas. Mereka bisa memberikan materi tentang kepustakawanan atau mengajar bidang lain yang terkait dengan informasi

28 komentar untuk “Lulusan Ilmu Perpustakaan Cocok Kerja Apa Yak?”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top