7 tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar

tibratanews polri

Next-level-study.com – menjaga kesehatan tubuh  merupakan kesejahteraan jasmani dan rohani manusia,  kasus penyakit covid-19 yang kita alami di Indonesia maupun global selama beberapa tahun kebelakang memberikan luka yang besar bagi Indonesia maupun dunia karena wabah covid-19 yang membuat kesehatan manusia di seluruh dunia menurun pesat bahkan menimbulkan kematian – kematian yang mendadak yang membuat trauma bagi kita.

Karena itu kita yang masih berdiri sehat dan selamat melewati wabah covid-19 hingga saat ini harus lebih extra untuk menjaga diri dari sebaran penyakit – penyakit di sekitar kita. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah poin utama untuk meningkatkan  stamina tubuh agar tidak mudah ter papar penyakit.

Kasus covid-19 mungkin sudah dinyatakan berakhir dan pemakaian masker di depan umum tidak lagi di wajibkan namun kita tetap harus waspada karena berakhirnya covid-19 tidak memungkinkan akan berakhir pula penyakit-penyakit lainnya.

Menyikapi pemaparan di atas, tentu salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap vit. Ini dia 7 tips menjaga kesehatan tubuh yang dapat kamu lakukan di rumah, karena pada dasarnya hal kecil yang kita lakukan  akan berdampak besar ketika kita melakukannya berulang seperti menjaga kesehatan tubuh kita bisa melakukan 7 hal ini dengan rutin dan nikmati hjasilnya .

7 tips menjaga kesehatan tubuh

  1. Pola makan

Salah satu cara tips menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan yang baik dan teratur serta banyak mengkonsumsi makanan bergizi yang akan meningkatkan stamina dan imun tubuh kita.

Selain pola makan yang teratur, makanan atau  asupan tubuh harus sesuai standar kesehatan yaitu 4 sehat 5 sempurna, dimana makanan itu akan membantu meningkatkan imun tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah ter papar penyakit.  

  • Olahraga

Olahraga adalah asupan energy  bagi tubuh manusia agar tubuh menjadi lebih kuat. Olahraga yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah olahraga ringan yang biasa dilakukan 20-30 menit perhari, olahraga yang dilakukan biasanya seperti lari lari kecil, senam, yoga, dan lainnya .

  • Tidur yang cukup

Menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah tidur yang cukup. Tidur yang cukup bagi manusia biasanya di lakukan selama 8 jam, selain tidur yang cukup pengaturan jam tidur juga perlu di perhatikan. Karena waktu tidur yang berantakan akan membuat tubuh terasa berat dan tidak segar saat terbangun dipagi hari, itu akan membuat tubuh menjadi lemas dan kesehatan tubuh akan menurun.

  • Banyak meminum air putih

Air putih adalah salah satu yang harus kita perhatikan karena kurangnya minum air putih bisa berdampak besar bagi kesehatan. Minum air putih di haruskan sesuai dengan standar kesehatan pada umumnya yaitu di antar 2 liter perhari itu untuk mengganti cairan yang keluar dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

Zaman sekarang memang banyak minuman atau kopi yang sangat beragam dan begitu menggiurkan namun tidak bisa menggantikan takaran asupan air putih yang di erlukan tubuh.

  • Rileks dan tidak stres

Rileks juga berpengaruh untuk kesehatan tubuh dan mental nya. Jika  pikiran terasa stres itu akan menimbulkan kesehatan tubuh yang menurun.

Maka dari bukan hanya jasmani saja yang harus kuat namun mental rohani tubuh juga harus stabil dan rileks, itu akan membantu menjernihkan pikiran dan membuat kesehatan tubuh menjadi stabil.

  • Kurangi bermain hp

Pengurangan pemainan hp atau laptop juga akan membantu tubuh kita tetap sehat karena terlalu banyak memainkan hp membuat tubuh kita menjadi malas bergerak dan membuat mata menjadi cepat rusak.

  • Bangun di pagi hari

Bangun di pagi hari atau saat waktu fajar akan membantu menjaga kesehatan tubuh selain udara yang dihirup saat fajar sangat bagus untuk kesehatan, bangun di waktu fajar  akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

Scroll to Top