Finlandia Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, ini Rahasainya

sumber gambar https://venturevillage.world/role-of-teachers-in-the-education-system-in-finland/

next-level-study.comSistem sekolah di Finlandia dikenal sebagai yang terbaik di dunia. Selain gratis, sistem sekolah menyampaikan rencana pendidikan yang menyoroti pengembangan generasi muda sebagai siswa yang mengakar.

Di Finlandia, pemerintah sangat serius dalam menciptakan pendidikan selama beberapa tahun terakhir. Sejujurnya, pengajaran telah menjadi salah satu landasan bantuan pemerintah kepada masyarakat Finlandia.

Dalam 10 tahun terakhir, negara ini telah mencapai kemajuan pesat dalam kemampuan membaca, berhitung, dan logika. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa para pendidiknya diyakini mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah kehidupan generasi muda.

Jadi apa saja wawasan istimewa yang membuat sistem pendidikan di Finlandia begitu hebat?

Dasar yang Kuat di Bidang Kemahiran

Meskipun tidak berkonsentrasi pada sains, geologi, dan matematika, anak-anak berusia 9 dan 10 tahun di Finlandia menyebarkan tumpukan buku. Mereka perlahan-lahan akan membaca dengan teliti secara konsisten, dan melahap semua buku yang ada.

Siklus ini bukanlah momen. Hal ini karena perubahan sistem pendidikan Finlandia dimulai beberapa waktu lalu sebagai pendorong utama rencana pemulihan keuangan negara tersebut.

Siklus ini mulai muncul pada tahun 2000, ketika hasil utama dari Program for Global Understudy Appraisal (PISA), menunjukkan bahwa usia muda Finlandia adalah pembaca muda terbaik di dunia, seperti yang digambarkan dalam Majalah Smithsonian.

Pendidik Benar-Benar Mengenal Setiap Siswa

Pendidik di Finlandia dipilih dari 10% alumni negara tersebut untuk memperoleh gelar sarjana dalam bidang pelatihan. Hal ini diharapkan dapat bekerja pada sifat instruktur.

Hasil yang paling mudah adalah para pendidik yang tersebar di berbagai daerah dapat mengenal setiap siswanya. Dengan asumsi bahwa satu teknik gagal, instruktur akan berbicara dengan rekannya untuk mencoba strategi lain.

Para pendidik di negara Nordik ini pun turut ambil bagian dalam kesulitan tersebut. Hampir 30% anak-anak Finlandia mendapatkan bantuan luar biasa selama sembilan tahun pertama mereka bersekolah.

Selain itu, para pendidik dari semua negara juga menambahkan rencana pendidikan publik yang memberikan aturan-aturan instruktif, bukan metodologi instruktif.

Tidak Ada Kerangka Pemosisian

Sistem persekolahan Finlandia tidak mempunyai tes atau tes yang diperlukan, dengan pengecualian satu tes menjelang akhir tahun terakhir sekolah menengah bagi siswa.

Selain itu, juga tidak ada posisi. Hal ini memungkinkan sifat siswa di Finlandia berkembang dengan baik. Sebab, tidak ada korelasi atau persaingan antar siswa, sekolah atau kabupaten.

Anak-anak Finlandia memiliki peluang besar untuk mendapatkan pelatihan dengan kualitas yang sama, terlepas dari apakah mereka tinggal di negara terbuka atau di kota perguruan tinggi.

“Keseimbangan adalah kata utama dalam pelatihan Finlandia” kata Olli Luukkainen, pemimpin asosiasi pendidik Finlandia.

93% orang Finlandia melanjutkan dari sekolah menengah skolastik atau profesional dan 66 persen melanjutkan ke pendidikan lanjutan.

“Kami mempersiapkan anak-anak untuk mengetahui cara belajar, bukan cara mengerjakan tes. Kami tidak terlalu tertarik pada PISA. Itu bukan tujuan kami,” kata Pasi Sahlberg, mantan pendidik matematika dan ilmu fisika di Finlandia.

Sistem Sekolah Finlandia Saat Ini

Sesuai laman The Fulbright Finlandia, pelatihan di Finlandia dengan tegas menjunjung tinggi keseragaman sosial dan sering memikirkan pembelajaran yang mengakar.

Mata pelajaran utama lainnya untuk pelatihan pra-esensial dan sekolah dasar diambil pada tahun 2016, yang berpusat pada pembelajaran, bukan bimbingan.

Sistem sekolah Finlandia terdiri dari:

  1. Sekolah remaja dan pengasuhan diberikan kepada anak-anak sebelum pengajaran wajib dimulai
  2. Pelatihan pra-penting diberikan kepada anak-anak pada tahun sebelum dimulainya sekolah wajib
  3. Sembilan tahun pelatihan esensial (sekolah lengkap) yang bersifat wajib
  4. Sekolah pilihan atas, khususnya pengajaran tambahan atas yang luas atau pelatihan dan persiapan profesional
  5. Pendidikan lanjutan diberikan oleh perguruan tinggi dan perguruan tinggi ilmu terapan. Selain itu, pengajaran orang dewasa dapat diakses di semua tingkatan.

sumber berita: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7161181/ini-rahasia-finlandia-punya-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia-tidak-ada-ranking

5 komentar untuk “Finlandia Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, ini Rahasainya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top